alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebakaran Besar Terjadi di Balikpapan, Satu Orang Tewas Terbakar

Budi Arista Romadhoni Minggu, 06 Juni 2021 | 11:24 WIB

Kebakaran Besar Terjadi di Balikpapan, Satu Orang Tewas Terbakar
Kondisi kebakaran besar di Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa kebakaran besar di Balikpapan

SuaraKaltim.id - Kebakaran hebat terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. 

Kebakaran besar itu terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Rt 2,3 dan 4 Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, Gunung Bugis, Balikpapan Barat.

Dilansir dari Inibalikpapan.com, Kondisi rumah yang rapat dan banyak yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat berkorbar besar. Kebarkaran di Balikpapan itu, diduga api mulai terlihat membesar pukul 23.30 Wita.

Dalam peristiwa ini, seorang warga ditemukan hangus terbakar. Korban bernama Haruna (55) dalam kondisi sakit. Petugas pemadam dan relawan bencana langsung mengevakuasi jasad korban ke rumah sakit. “Yang saya tau bapak itu lagi sakit, agak linglung. Ini rumahnya katanya asal api pertama kali,” ungkap Latif seorang warga juga korban kebakaran.

Baca Juga: Tahun Ini Gagal Berhaji ke Tanah Suci, MUI Minta Calon Jemaah Haji di Balikpapan Bersabar

Puluhan unit mobil pemadaman BPBD dikerahkan untuk membantu proses pemadaman, kondisi akses jalan yang sempit ditambah banyaknya kendaraan yang terparkir disisi kanan dan kiri jalan juga ikut menghambat mobil pemadam ke lokasi.

Beruntung dalam proses pemadaman, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur lokasi kebakaran, sehingga petugas pemadam terbantukan, rumah-rumah mulai basah sehingga tidak cepat terbakar.

Ditemui di lokasi kejadian Kepala BPBD Kota Balikpapan, awal mula api belum diketahui dari mana asalnya, namun melihat area yang terbakar cukup luas ada tiga RT yang terkena.

“Untuk jumlah rumah yang terdampak kebakaran masih kita data, tapi kalau lingkungan RT yang kena ada di RT 2,3 dan RT 4 Baru Ulu,” ujar Suseno saat diwawancarai awak media, Minggu (6/6/2021).Dikatakan Suseno, BPBD menurunkan mobil pemadam sebanyak 15 unit dan dibantu dari berbagai pihak seperti mobil tangki PDAM, mobil brimob dan pemadam dari PHM ikut dilibatkan. “Seluruh armada di UPT kami kerahkan, karena lokasinya yang memang padat pemukiman,” kata Suseno.

Selain akses jalan yang sempit dan banyaknya kendaraan yang terparkir disisi jalan, kendala lainnya karena dikawasan tersebut masih minim adanya reservoir aitlr, sehingga armada mobil pemadam agak jauh ambil suplai airnya.

Baca Juga: Belum Diserahterimakan ke Pemprov Kaltim, Begini Nasib KWPLH Balikpapan

“Memang kawasan ini butuh reservoir atau penampungan air karena sudah sering terjadi kebakaran disini,” akunya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait