alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Penumpang Pesawat dari Pulau Jawa di Bandara Sepinggan Positif Covid-19

Chandra Iswinarno Jum'at, 25 Juni 2021 | 11:10 WIB

Satu Penumpang Pesawat dari Pulau Jawa di Bandara Sepinggan Positif Covid-19
Pemeriksaan acak di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. [Presisi.co/Nur Rizna Feramerina]

Salah satu warga yang terkena Covid-19 di Balikpapan diketahui merupakan pekerja dari Pulau Jawa yang baru tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

SuaraKaltim.id - Tren lonjakan kasus Covid-19 di Kota Balikpapan terus terjadi. Pada Kamis (24/6/2021), Satgas Covid-19 Balikpapan menginformasikan terjadi penambahan 98 kasus aktif Covid-19. Salah satu warga yang terkena Covid-19 diketahui merupakan pekerja dari Pulau Jawa yang baru tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengemukakan, penambahan kasus pada Kamis kemarin merupakan yang tertinggi dalam seminggu terakhir.

"Dari ke 98 kasus tersebut ada 47 yang bergejala, 38 hasil dari perluasan tracing kontak, dan lima kasus pelaku perjalanan, dan delapan kasus orang tanpa gejala," ujarnya seperti dilansir Presisi.co-jaringan Suara.com.

Andi mengemukakan, Satgas Covid-19 di Bandara SAMS menemukan satu kasus positif pada penumpang yang baru tiba saat diperiksa rapid test antigen yang dilakukan acak. Mendapati temuan tersebut, penumpang yang bersangkutan langsung ditindaklanjuti menggunakan tes swab PCR. Hasilnya tetap positif.

Baca Juga: Tragis Nakes COVID-19 Bekasi Meninggal Dunia saat Hamil

Lebih lanjut, dia mengemukakan, satu orang tersebut merupakan pekerja yang baru direkrut oleh salah satu perusahaan.

"Saat ini menjalani isolasi di hotel yang sudah disiapkan oleh perusahaan."

Dari informasi yang dihimpun, sebelum terbang ke Balikpapan, penumpang tersebut telah diperiksa. Penumpang itu diduga tersebut terpapar setelah diperiksa.

Selain itu, diduga penumpang tersebut sedang dalam proses penularan sehingga tidak terdeteksi ketika diperiksa sebelum berpergian.

Mengetahui adanya hal tersebut, Satgas Covid-19 Balikpapan langsung bergerak cepat melakukan tracing terhadap penumpang-penumpang di sekitar orang tersebut.

Baca Juga: Covid-19 Melonjak, Masjid Al Azhar Gelar Salat Jumat dengan Kapasitas 250 Jemaah

"Kami tracing dua kursi di kiri, kanan, depan dan belakang," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait