alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gelar Pahlawan Nasional Sultan Aji Muhammad Idris Disambut di Kedaton Kukar

Denada S Putri Minggu, 14 November 2021 | 20:39 WIB

Gelar Pahlawan Nasional Sultan Aji Muhammad Idris Disambut di Kedaton Kukar
Upacara penyambutan gelar Pahlawan Nasional Sultan Aji Muhammad Idris, di Kedaton Kesultanan Kukar Ing Martadipura. [ANTARA]

Salah satu dari 23 program Dedikasi adalah penetapan Kota Tenggarong sebagai kota warisan budaya."

SuaraKaltim.id - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melakukan penyambutan bertajuk ";'Kaseh Selamat" atas  ditetapkannya gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Aji Muhammad Idris, Sultan Kukar Ing Martadipura ke XIV (14).

Upacara penyambutan digelar di Kedaton Kesultanan Kukar Ing Martadipura, Tenggarong, Sabtu (13/11/2021). Pada kesempatan itu, Sekda Kukar Sunggono membacakan sambutan Bupati Kukar.

Ia mengatakan, peran Kesultanan Kukar Ing Martadipura dalam perkembangannya Kabupaten Kukar begitu besar. Yakni, dalam melestarikan warisan sejarah dan budaya kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Dalam pembangunan Kutai Kartanegara dukungan sektor kepariwisataan menjadi penting untuk menjadikan daerah Kukar sebagai daerah tujuan wisata baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca Juga: Cerita Rudi dan Kampung Sayur Cempako, Bukti Bersama BRI Warga Lebih Berdaya

“Kilas balik perjalanan sejarah inilah yang menjadi spirit serta semangat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mewujudkannya melalui program Kukar Idaman," katanya dilansir dari ANTARA.

Ia menuturkan peran Kesultanan Kutai Kartanegara sangat penting sebagai mitra sekaligus sebagai penyeimbang perjalanan pembangunan di daerah.  Pemerintah dalam menjalankan amanah pembangunan memerlukan saran, pendapat serta pertimbangan, salah satunya dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Salah satu dari 23 program Dedikasi adalah penetapan Kota Tenggarong sebagai  kota warisan budaya," ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November  2021 di Istana Negara begitu istimewa bagi masyarakat Kaltim, khususnya Kutai Kartanegara dengan ditetapkannya Sultan Aji Muhammad Idris sebagai pahlawan Nasional yang tertuang dalam Keppres Nomor 109 TK/2021 tentang penganugerahan pahlawan Nasional.

"Jasa beliau dalam berjuang merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di bumi etam , Kutai Kartanegara akan tetap dikenang," tuturnya.

Baca Juga: Hujan Petir Terjadi di Malam Hari, Ini Prakiraan Cuaca Kaltim 14 November 2021

Ia menambahkan, pemerintah daerah melalui progam Kukar Idaman yang tertuang dalam RPJMD Kutai Kartanegara 2021-2026, dimana dalam salah satu misinya adalah meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait