facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Hari Benua Etam Diguyur Hujan, Peringatan Potensi Banjir Diberikan Stasiun Meteorologi

Denada S Putri Kamis, 20 Januari 2022 | 11:06 WIB

Dua Hari Benua Etam Diguyur Hujan, Peringatan Potensi Banjir Diberikan Stasiun Meteorologi
Banjir di Kelurahan Lawe-Lawe, Kabupaten PPU pada 29 Desember 2021 lalu. [ANTARA]

Samarinda, pada Kamis pukul 20.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di 10 kecamatan.

SuaraKaltim.id - Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mengingatkan semua pihak mewaspadai potensi banjir di Bumi Mulawarman. Karena, Kaltim diprakirakan akan mengalami hujan lebat dan hujan petir pada Kamis (20/1/2022) sampai Jumat (21/1/2022).

Menurut Kepala Stamet Kelas I SAMS Sepinggan Erika Mardiyanti, hujan lebat dan petir bisa berdampak pada kejadian yang tak diinginkan. Seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang.

"Sehingga semua pihak harus waspada," ujarnya, melansir dari ANTARA, Kamis (20/1/2022).

Peringatan dini terhadap potensi hujan petir dan hujan lebat tersebut pun telah disampaikan ke pihak terkait di masing-masing kabupaten/kota. Khususnya, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meminimalisir risiko bencana.

Baca Juga: Banjir Jakarta Tak Surut Dalam 6 Jam, Wagub DKI Ahmad Riza Patria Ungkap Kemungkinannya

Daerah yang mengalami hujan petir hingga hujan lebat itu antara lain di Kabupaten Paser, yakni pada Kamis pukul 11.00 Wita diprakirakan hujan petir di Kecamatan Long Ikis dan Tanjung Harapan.

Kemudian pukul 17.00 Wita hujan petir di Kecamatan Tanjung Harapan, pukul 20.00 Wita hujan lebat di Tanjung Harapan, pukul 23.00 Wita hujan petir di Batu Sopang dan Tanjung Harapan. Kemudian, pada Jumat dini hari atau pukul 02.00 Wita hujan petir di Kecamatan Muara Samu.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Kamis pukul 11.00 Wita hujan petir di Kecamatan Penajam dan Sepaku, pukul 14.00 Wita hujan lebat di Penajam, pukul 20.00 Wita hujan petir di Sepaku, dan pukul 23.00 Wita hujan petir di Penajam.

Di Kota Samarinda, pada Kamis pukul 20.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di 10 kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Sungai Pinang, Palaran, Samarinda Ulu, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir berpotensi terjadi pada Kamis pukul 08.00 Wita di Kecamatan Long Hubung, pukul 11.00 Wita di Long Bagun, pukul 14.00 Wita di Lon Apari, Laham, Long Pahangai, dan hujan lebat di Kecamatan Long Hubung.

Baca Juga: Titik Banjir Jakarta Meluas, Tri Rismaharini Masuk Bursa Cagub pada Pilkada DKI

Pukul 17.00 Wita hujan petir di Kecamatan Long Apari, Long Hubung, Long Pahangai, pukul 20.00 Wita di Long Apari, Long Bagun, Laham, Long Hubung, Long Pahangai, pukul 23.00 Wita di semua kecamatan di Mahakam Ulu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait