facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kecelakaan Maut Balikpapan, Kenapa Rem Bisa Blong? Temukan Jawabannya di Artikel Ini Demi Keselamatan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 21 Januari 2022 | 19:59 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, Kenapa Rem Bisa Blong? Temukan Jawabannya di Artikel Ini Demi Keselamatan
Warga mengamati sebuah mobil yang rusak akibat ditabrak truk tronton di Turunan Rapak, Balikpapan, Kaltim, Jumat (21/1/2022). [ANTARA FOTO]

Secara umum, penyebab rem blong adalah kurangnya perawatan secara berkala pada kendaraan seperti kanvas rem aus, selang oli rem rusak, minyak rem habis dan lain-lain.

SuaraKaltim.id - Kenapa rem bisa blong atau rem blong terjadi? Secara umum, penyebab rem blong adalah kurangnya perawatan secara berkala pada kendaraan seperti kanvas rem aus, selang oli rem rusak, minyak rem habis dan lain-lain.

Hal itu pun kemungkinan terjadi pada truk tronton dalam kecelakaan maut Balikpapan. Dalam peristiwa itu truk tronton mengalami rem blong hingga menyebabkan kecelakaan beruntun di lampu merah Simpang Muara MRapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada pagi ini Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA.

Berikut penyebab rem blong

1. Minyak rem habis

Baca Juga: Diduga Trauma Psikis, Anak Korban Kecelakaan Maut Muara Rapak Balikpapan Butuh Pendampingan Psikolog

Minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen untuk melakukan pengereman. Minyak rem juga dapat memastikan gesekan pada kendaraan lebih baik yang dapat mengurangi kecepatan.

2. Kanvas rem aus

Kanvas rem yang aus juga menjadi penyebab rem blong. Oleh karena itu, pastikan kanvas rem tetap berfungsi dengan baik dengan melakukan perawatan secara berkala.

3. Piston rem rusak

Piston rem berfungsi untuk menggerakan kaliper penjepit kampas rem. Jika piston rem rusak, maka dapat menyebabkan blong.

Baca Juga: Dua Korban Kecelakaan Maut di Balikpapan Ternyata Warga Kota Cilegon

4. Minyak rem kotor

Selain minyak rem yang habis dapat menyebabkan blong, hal ini juga terjadi jika minyak rem kotor. Kualitas yang buruk pada rem dapat dengan mudah membuat minyak rem kotor. Hal ini puing-puing kotoran pada rem dapat menyebabkan blong.

5. Selang oli rem tersumbat

Jika minyak rem kotor, maka akan menyebabkan penyumbatan pada selang oli rem sehingga menyebabkan rem menjadi blong.

Demikian penyebab rem blong.

(Muhammad Zuhdi Hidayat)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait