facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PKT Gandeng Kodam VI Mulawarman untuk Penguatan Program Ketahanan Pangan di Benua Etam

Denada S Putri Kamis, 27 Januari 2022 | 22:24 WIB

PKT Gandeng Kodam VI Mulawarman untuk Penguatan Program Ketahanan Pangan di Benua Etam
Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso. [ANTARA]

"PKT siap mendukung program ketahanan pangan yang dilaksanakan..."

SuaraKaltim.id - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjalin kerja sama dengan Kodam VI Mulawarman, terkait sinergi penguatan program Ketahanan Pangan Nasional. Hal itu dilakukan melalui sistem pertanian terintegrasi berbasis pemberdayaan petani dan peningkatan hasil pertanian masyarakat.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan siap memberikan dukungan terhadap program ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodam VI Mulawarman, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

"PKT siap mendukung program ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodam VI Mulawarman, sebagai wujud sinergi Perusahaan bersama TNI untuk kesiapan Kaltim menyambut IKN, dengan penyediaan kebutuhan pangan secara optimal,” ujarnya, melansir dari ANTARA, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, dengan penetapan Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) oleh Pemerintah Pusat, maka kebutuhan pangan dipastikan akan jauh meningkat dalam beberapa waktu ke depan, sehingga wajib dipersiapkan sejak dini agar bisa dipenuhi secara mandiri, sekaligus mengurangi ketergantungan pasokan dari luar daerah.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Ambil Alih Investasi Pembangunan Pabrik Soda Ash di Kota Taman

Ia menjelaskan program peningkatan hasil pertanian dalam mendorong terwujudnya ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan petani, sejauh ini telah dilaksanakan PKT melalui program Makmur yang dijalankan bersama Pupuk Indonesia.

"Program ini memberikan kemudahan akses pertanian berupa penyediaan agri input, seperti bibit dan pasokan pupuk, termasuk jaminan pembelian oleh offtaker hingga asuransi pertanian untuk antisipasi gagal panen," bebernya.

Disisi lain, kata Rahmad program yang didukung oleh Kementerian BUMN tersebut juga terlaksana melalui sinergi BUMN, baik untuk permodalan petani dengan melibatkan perbankan, hingga lembaga asuransi milik pemerintah, termasuk pembelian hasil pertanian secara kontinyu di atas rata-rata harga pasar.

“Program Makmur telah dilaksanakan PKT di berbagai daerah di Indonesia, dengan produktivitas hasil yang terbukti jauh meningkat dari sebelumnya. Hal ini dapat diintergrasikan dengan program ketahanan pangan Kodam VI Mulawarman, agar hasil pertanian bagi petani binaan turut mencapai hasil yang optimal,” tambahnya.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan, program ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodam VI Mulawarman merupakan implementasi instruksi Presiden RI terkait peningkatan produktivitas pangan, yang ditindaklanjuti melalui gagasan sistem pertanian terintegrasi (Integrated Farming System/IFS), dengan memanfaatkan lahan Transmigrasi Angkatan Darat (Transad) milik Kodam VI Mulawarman di Kota Balikpapan seluas 470 hektare.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Konsisten Terapkan Life Saving Rules

Lahan ini akan dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan sektor pertanian dengan berbagai komoditas pangan, yang terintegrasi dengan sektor peternakan, perkebunan hingga agro wisata.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait