facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sedih, 2 Kecamatan di Paser Belum Punya Alat Perekam KTP Elektronik, M Ari Padriansyah: Tahun Ini Ada Pengadaan

Denada S Putri Kamis, 27 Januari 2022 | 22:38 WIB

Sedih, 2 Kecamatan di Paser Belum Punya Alat Perekam KTP Elektronik, M Ari Padriansyah: Tahun Ini Ada Pengadaan
Disdukcapil Kabupaten Paser tambah 5 alat perekam KTP elektronik. [ANTARA]

"...sebelumnya alat rekam yang dipakai bekas dari..."

SuaraKaltim.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser menambah 5 alat perekam KTP Elektronik (KTP-el) di wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan perekaman di beberapa kecamatan.

"Tahun ini ada pengadaan 5 alat perekam," kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Paser M Ari Padriansyah yang ditemui di Tanah Grogot, melansir dari ANTARA, Kamis (27/01/2022).

Ia menyebut, dari 10 kecamatan di Kabupaten Paser, dua kecamatan belum memiliki alat perekam KTP-el. Yaitu Kecamatan Pasir Belengkong dan Muara Samu.

"Untuk Kecamatan Tanjung Aru dapat juga alat yang baru, karena sebelumnya alat rekam yang dipakai bekas dari Disdukcapil," ujarnya.

Baca Juga: PTM Penuh di Paser Baru Dimulai Awal Februari Nanti, Disdukbud Paser M Yunus: Memenuhu Persyaratan

Untuk warga Kecamatan Muara Samu yang sebelumnya melakukan perekaman KTP-el di Kecamatan Batu Kajang, dengan adanya alat baru maka bisa melakukan perekeman di kantor kecamatan setempat. 

Demikian juga halnya dengan warga Pasir Balengkong yang sebelumnya melakukan perekaman di Disdukcapil di Tanah Grogot, maka dapat melakukan perekaman di kantor kecamatan setempat. 

Dengan penambahan alat perekam KTP-el, menurut Padriansyah, akan memudahkan petugas kecamatan melakukan perekaman. Setelah direkam, proses cetak dilakukan di kantor Disdukcapil. 

"Jika sudah jadi petugas kecamatan yang ambil KTP-nya di Disdukcapil kemudian diberikan ke masyarakat," katanya.

Ia menuturkan, proses pencetakan sementara masih dilakukan di kantor Disdukcapil. Hanya Kecamatan Batu Engau saja yang bisa melakukan pencetakan, itupun sebatas pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca Juga: Edy Mulyadi Minta Maaf, Lembaga Adat Paser dan Dewan Adat Dayak : Tetap Harus Proses Hukum

Pemerintah pusat saat ini sedang melakukan uji coba penerapan KTP digital di 50 kabupaten/kota seluruh Indonesia, dua diantaranya di Provinsi Kaltim yaitu Kota Bontang dan Kabupaten Berau.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait