facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Lebat dan Angin Kencang Diprakirakan Bakal Terjadi di Kaltim Selama 2 Hari: Lakukan Antisipasi

Denada S Putri Senin, 28 Februari 2022 | 12:57 WIB

Hujan Lebat dan Angin Kencang Diprakirakan Bakal Terjadi di Kaltim Selama 2 Hari: Lakukan Antisipasi
Ilustrasi hujan lebat dan angin kencang. [Istimewa]

Peringatan dini terhadap potensi peristiwa tersebut telah disampaikan pihaknya ke masing-masing kabupaten.

SuaraKaltim.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Peristiwa itu disebut berdurasi singkat di sejumlah kawasan di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin (28/2/2022) sampai Selasa (1/3/2022) besok.

Hal itu disampaikan Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid. Ia mengatakan, secara umum peristiwa itu dapat terjadi di beberapa kecamatan.

"Terjadi di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Bongan, Babulu, Laham, dan Tanah Grogot, pada Senin, 28 Februari," ujarnya melansir dari ANTARA, Senin (28/2/2022).

Kemudian pada Selasa (1/3/2022) peristiwa ini dapat terjadi antara lain di Kecamatan Kongbeng, Muara Ancalong, Bentian Besar, Bongan, Babulu, Batu Sopang, Muara Koman, Laham, Kelay, Long Apari, Kota Samarinda, dan Balikpapan.

Baca Juga: Papan Reklame Roboh di Pasar Labuan Pandeglang, Gara-gara Angin Kencang, Timpa Motor dan Kios Warga

Peringatan dini terhadap potensi peristiwa tersebut telah disampaikan pihaknya ke masing-masing kabupaten. Terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Agar dapat dilakukan antisipasi untuk mengurangi dampaknya terhadap masyarakat," jelasnya.

Ia menuturkan, dampak ke masyarakat menjadi perhatian. Karena peristiwa ini bisa menyebabkan beberapa hal. Seperti, sungai meluap, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan dampak lainnya.

Secara rinci, kawasan yang berpotensi mengalami peristiwa itu adalah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada 1 Maret, Selasa dini hari, atau pukul 02.00 Wita diprakirakan terjadi hujan petir di Kecamatan Babulu dan Waru.

"Di Kabupaten Mahakam Ulu, pada hari yang sama hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Laham, pada pukul 02.00 dan 05.00 Wita," katanya.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Hari Ini di Sejumlah Daerah Termasuk Bali

Untuk Kabupaten Paser, pada 1 Maret pukul 02.00 Wita hujan petir dapat terjadi di sembilan kecamatan, yakni Tanah Grogot, Batu Sopang, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Ikis, Long Kali, Muara Samu, Pasir Belengkong.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait