facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ajak Dosen Fahutan se-Indonesia Diskusi, Pemerintah Usaha Wujudkan IKN Menuju Hutan Alam Tropika

Denada S Putri Rabu, 23 Maret 2022 | 19:10 WIB

Ajak Dosen Fahutan se-Indonesia Diskusi, Pemerintah Usaha Wujudkan IKN Menuju Hutan Alam Tropika
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, G. Budisatrio Djiwandono. [Dok. KLHK]

"Pembangunan IKN ini akan beriringan dengan langkah-langkah pemulihan lingkungan."

SuaraKaltim.id - Rehabilitasi hutan yang ada di Kaltim, menjadi komitmen awal pemerintah untuk mengawali pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sebagai bagian dari usaha pemulihan hutan alam Bumi Pertiwi.

Mendukung hal tersebut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melibatkan para akademisi dan praktisi komunikasi publik untuk bisa berdiskusi dan menerima masukan dari mereka.

"Pembangunan IKN ini akan beriringan dengan langkah-langkah pemulihan lingkungan. Bukan sekadar jargon karena memang harus kita lakukan. Dalam suasana itu, menjadi sangat penting kehadiran bersama para akademisi dan praktisi komunikasi publik. Oleh karena itu, pertemuan ini merupakan sebuah permulaan," kata Menteri LHK Siti Nurbaya, melansir dari WartaEkonomi.co.id--Jaringan Suara.com, Selasa (22/3/2022).

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, G. Budisatrio Djiwandono, yang merupakan Anggota DPR Dapil Kaltim menyampaikan, diskusi tersebut merupakan langkah yang baik. Pembangunan IKN dengan konsep forest city merupakan kesempatan.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan PPN Jadi 11 Persen Mulai April, Pengamat Singgung Proyek IKN

Kesempatan yang ia maksud, untuk memperbaiki tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan. Tak hanya untuk areal IKN itu sendiri, tetapi di daerah penyangga IKN juga.

"Perpindahan Ibu Kota ini, kita jadikan momentum bersama. Ini merupakan sebuah kesempatan besar. Kita akan membangun IKN dengan konsep forest city, green city, atau smart city, mari kita lakukan dengan baik dan benar, serta tidak tanggung-tanggung," ucapnya.

Namun demikian, dirinya menegaskan yang tidak kalah penting dari pembangunan berbagai aspek fisik, yaitu pembangunan aspek sosial seperti sumber daya manusia (SDM).

Sejalan dengan hal tersebut, Deputi VI Bidkor Kesbang Kemenko Polhukam, Janedjri M Gaffar, mengatakan bahwa pihaknya turut mengawal dan menjaga aspek politik, hukum, dan keamanan, sehingga dapat tercapai tujuan pembangunan IKN ini.

“Sesuai arahan Menkopolhukam, pada pertemuan ini kami akan banyak mencatat apa tantangan yang dihadapi dalam proses pembangunan IKN, yang terkait tugas Kemenkopolhukam," ucapnya.

Baca Juga: Pengamat: Kenaikan PPN 1 Persen, Disinyalir Anggaran Pemerintah Cekak Akibat Pengeluaran IKN Membengkak

Dari sisi akademis, Ketua Forum Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi Kehutanan Indonesia (FOReTIKA) Naresworo Nugroho, ada sejumlah masukan terhadap konsep forest city IKN. Termasuk rencana sistem cluster endemik Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait