facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lahan di Bukit Kusnodo Kutai Timur Terbakar, Diduga Ada Unsur Kesengajaan

Bella Jum'at, 10 Juni 2022 | 13:31 WIB

Lahan di Bukit Kusnodo Kutai Timur Terbakar, Diduga Ada Unsur Kesengajaan
Tim BPBD Bontang padamkan Karhutla warga Desa Suka Rahmat/ M Rifki- Klik Kaltim.

Zainuddin mengungkapkan 3,3 Hektar lahan milik warga di Jalan Bukit Kusnodo RT 08 Desa Suka Rahmat, Kutim pada Kamis (9/6/2022) terbakar.

SuaraKaltim.id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang Zainuddin mengungkapkan 3,3 Hektar lahan milik warga di Jalan Bukit Kusnodo RT 08 Desa Suka Rahmat, Kutim pada Kamis (9/6/2022) terbakar.

Dirinya mengatakan, penyebab insiden kebakaran tersebut diduga karena warga membakar ilalang untuk membuka lahan. 

Namun, karena cuaca terik akhirnya warga tidak bisa mengendalikan api yang sudah tersebar luas di rumput ilalang kering. 

"Saat kami datang memang lahan yang terbakar sudah cukup lebar. Namun penanganan cepat tim mencegah bisa diatasi setelah 1 setengah jam memadamkan api," ungkap Zainuddin melansir klikkaltim.com-jaringan suara.com-.

Baca Juga: Penjelasan BMKG Terkait Munculnya Fenomena seperti Kabut Asap di Pekanbaru

Mendapati kejadian tersebut, petugas BPBD segera dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar 3,3 Hektar lahan milik warga tersebut. Tepatnya titik koordinat kebakaran berada di 0°07'17"N 117°25'43"E.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berhasil memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Bukit Kusnodo RT 08 Desa Suka Rahmat, Kutim pada Kamis (9/6/2022) sekira pukul 15.04 WITA. 

Lebih lanjut, petugas BPBD juga melakukan pendinginan disekitar lahan untuk memastikan api sudah padam. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. 

Setelah itu, kepada pemilik tanah BPBD meminta selalu waspada dalam membakar lahan. Jangan sampai lepas dari pengawasan karena akan berdampak fatal. 

"Lebih berhati-hati, membuka lahan dengan cara membakar harus penuh perhitungan jangan sampai memunculkan kerugian besar," tutupnya.

Baca Juga: Tujuh Orang Tewas Akibat Kebakaran Kantor Pengacara di Daegu Korea Selatan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait