facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPRD PPU Sebut Perbaikan Fasilitas Sekolah Perlu Keterlibatan Masyarakat: Komite Sekolah Bisa

Denada S Putri Senin, 27 Juni 2022 | 12:00 WIB

DPRD PPU Sebut Perbaikan Fasilitas Sekolah Perlu Keterlibatan Masyarakat: Komite Sekolah Bisa
Atap bangunan salah satu sekolah di PPU mengalami kerusakan belum diperbaiki. [ANTARA]

Ia juga berkomitmen mendukung dan memperjuangkan anggaran untuk pemeliharaan sarana prasarana pendidikan tersebut.

SuaraKaltim.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyebutkan, perbaikan fasilitas sekolah memerlukan keterlibatan masyarakat.

Perbaikan sarana prasarana pendidikan skala kecil menurut Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi, tidak semestinya hanya berpatokan dengan anggaran pemerintah.

"Sekolah perlu melibatkan masyarakat dengan maksimalkan Komite sekolah kalau ada kerusakan kecil, bukan hanya urusan pemerintah," ujarnya, melansir dari ANTARA, Senin (27/6/2022).

Ia melanjutkan, jika perbaikan sarana prasarana sekolah tidak membutuhkan biaya besar. Sekolah bisa meminta bantuan orangtua peserta didik.

Baca Juga: Pemkab PPU Butuh Dana Insentif dari Pemerintah Pusat untuk Imbangi Pembangunan IKN Nusanatara

Namun, jika perbaikan sarana prasarana sekolah yang membutuhkan anggaran besar, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) harus menangani.

"Bantuan Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu untuk mengatasi perbaikan sekolah skala kecil, Komite Sekolah bisa diajak bicara," ucapnya.

Ia juga berkomitmen mendukung dan memperjuangkan anggaran untuk pemeliharaan sarana prasarana pendidikan tersebut.

Ia menjelaskan, Disdikpora PPU, harus menyiapkan data yang lengkap dengan perkiraan biaya dan DPRD siap mendukung penganggarannya.

"Kami berikan dukungan bidang pendidikan, termasuk anggaran pemeliharaan sarana prasarana pendidikan atau fasilitas sekolah," tambahnya.

Baca Juga: Masyarakat Masih Acuh dengan Kebersihan Sungai, Generasi Penerus bakal Terancam Alami Banjir 3 Kali Lebih Banyak

Ia mengatakan, legislatif akan mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Disdikpora untuk membahas seluruh sekolah yang mengalami kerusakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait