Potensi Banjir dan Tanah Longsor, 5 Wilayah di Kaltim Alami Hujan Lebat dan Petir

Informasi prakiraan cuaca ini juga sudah disampaikan ke BPBD.

Denada S Putri
Kamis, 19 Januari 2023 | 18:00 WIB
Potensi Banjir dan Tanah Longsor, 5 Wilayah di Kaltim Alami Hujan Lebat dan Petir
Ilustrasi banjir (Pixabay/12019)

SuaraKaltim.id - Lima kabupaten/kota di Kalimantan Timur berpotensi mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Kamis (19/01/2023) dan Jumat (20/01/2023).

Semua pihak diimbau untuk waspada. Hal itu disampaikan Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi belum lama ini,

"Dampak dari peristiwa tersebut, antara lain bisa berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujarnya, melansir dari ANTARA, Kamis (19/01/2023).

Informasi prakiraan cuaca ini juga sudah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Tujuannya, agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Baca Juga:Kota Semarang Sempat Tergenang, Jalan Raya Kaligawe Kini Bisa Dilewati Kendaraan Bermotor

Lima daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut, adalah Kota Bontang, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kutai Timur (Kutim), Kutai Kartanegara (Kukar), dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

"Di Bontang terjadi pada Kamis sekitar pukul 20.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan, dan Bontang Barat, dan sekitar pukul 23.00 wita hujan ringan di kecamatan yang sama, sedangkan di Kabupaten Kutai Barat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 wita, hujan ringan, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di sejumlah kecamatan di wilayah tersebut," jelasnya.

Pada Jumat (20/012023) dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

Kabupaten Kukar pada Kamis sekitar pukul 20.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Muara Muntai, Kenohan dan Muara Wis.

"Pukul 23.00 wita hujan petir di Kecamatan Muara Jawa, Muara Muntai, Tabang, Anggana, Loa Janan, Muara Wis, dan Samboja, dan Jumat dini hari di Kecamatan Kenohan, sementara hampir semua kecamatan lainnya hujan ringan hingga sedang," tuturnya.

Baca Juga:Kritik Ganjar Pranowo terkait Banjir Semarang, Rizal Ramli Diserang Netizen: Apakah Anda Kritik Anies waktu Banjir Jakarta?

Kabupaten Kutim pada Kamis sekitar pukul 17.00 dan 23.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kongbeng, pukul 20.00 wita diprakirakan terjadi di hampir semua kecamatan, pada Jumat dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Bengalon dan Rantau Pulung.

Kabupaten Mahulu pada Kamis pukul 17.00 wita, hujan petir di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai, pukul 20 00 dan 23.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Laham dan Long Hubung.

"Pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai Long Bagun, Long Hubung, dan Kecamatan Laham, kemudian sekitar pukul 05.00 wita, hujan ringan diprakirakan di lima kecamatan tersebut," ujarnya.

News

Terkini

Tampak, satpam itu pun mengantarkan anak jalanan itu sampai keluar.

News | 16:55 WIB

Berdasarkan narasi dalam video disebutkan jika peristiwa PNS wanita mengamuk itu terjadi di kantor Kelurahan Fookuni.

News | 16:41 WIB

Tim asuh Aji Santoso itu kini berada diperingkat 7 dengan poin 31 atau hanya selisih 4 poin dari Borneo FC.

News | 16:06 WIB

Dalam video itu, pelaku terlihat kembali mendatangi lokasi.

News | 17:00 WIB

Disebutkan jika aksi nekat wanita berhijab itu saat bertengkar di tempat ekstrem terjadi di jembatan Teluk Kendari.

News | 15:11 WIB

Lahan tersebut masuk dalam kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP).

News | 15:00 WIB

Meski terlihat jalanan masih ramai dilintasi pengendara, keduanya tampak santai beraksi.

News | 14:54 WIB

Tato di lengan wanita itu tampak tertulis nama Bayu.

News | 18:43 WIB

Kasus pelecehan sang sopir angkot terhadap penumpang wanita direkam oleh penumpang lain.

News | 18:04 WIB

Pria bertopi dan berkemeja biru itu melawan saat hendak ditangkap polisi.

News | 17:49 WIB

Pihak keluarga dari anak perempuan itu pun akhirnya membuat klarifikasi.

News | 17:24 WIB

Tergambar lukisan mural dan grafiti menghiasi tembok tersebut.

News | 17:01 WIB

Hal itu disampaikan Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni belum lama ini.

News | 20:00 WIB

Dalam rekaman CCTV, pria yang sedang mengisi BBM itu langsung mendekati petugas SPBU setelah terjatuh.

News | 19:34 WIB
Tampilkan lebih banyak