alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Danau Vulkanik Terbesar di Dunia Ditanami 500 Ribu Pohon

Sapri Maulana Jum'at, 14 Mei 2021 | 15:25 WIB

Danau Vulkanik Terbesar di Dunia Ditanami 500 Ribu Pohon
Danau Toba di Parapat, Sumatera Utara, Indonesia pada 21 Juli 2020. [Foto/Anadolu Agency

Tujuannya, untuk mendukung upaya pemerintah menghijaukan 1.000 hektare lahan di sekitar Danau Toba.

SuaraKaltim.id - Sebanyak  500 ribu batang pohon ditanam PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) di danau vulkanik terbesar di dunia, yakni Danau Toba. Tujuannya, untuk mendukung upaya pemerintah menghijaukan 1.000 hektare lahan di sekitar Danau Toba.

"Inalum sejak 2015 hingga 2020 telah menghijaukan lahan Danau Toba. Penghijauan ini dilakukan dengan menanam 500 ribu pohon di tujuh kabupaten sekitar Danau Toba," ungkap Direktur Pelaksana Inalum (Persero), Sophia I Watimena di Toba, Sumatera Utara, Selasa 11 Mei 2021.

Dia mengatakan, Danau Toba memiliki luas sekitar 1.145 kilometer per segi sudah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas utama pembenahan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dengan kondisi tersebut, Inalum sangat peduli akan pelestarian pada danau vulkanik terbesar di dunia, dan tentunya miliki komitmen yang kuat dalam usaha penghijauan, khususnya di daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba.

Baca Juga: Inalum Tanam 500 Ribu Pohon di Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

"Inalum secara aktif mengajak instansi di sekitar Danau Toba untuk bersinergi melakukan penghijauan, seperti PJT-1, Inhutani, Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumatera Utara dan lain-lain," kata Sophia.

Deputi Sekretaris Perusahaan Inalum (Persero), Mahyaruddin AR, menyampaikan, kegiatan penghijauan Danau Toba ini bukan hanya menanam pohon, tapi melaksanakan berbagai upaya dalam bentuk lain.

"Selain penanaman pohon, Inalum di 2021 ini akan membuat sumur resapan dan biopori, budidaya tanaman endemik, pembuatan embung baru di luar DTA Danau Toba dan lain-lain guna menjaga pelestarian alam Danau Toba," katanya.

"Kami terus melakukan koordinasi intensif seluruh 'stakeholder', khususnya tujuh kabupaten sekitar Danau Toba yaitu Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Simalungun dan Karo," kata Mahyaruddin. (Antara)

Baca Juga: 44 Kali Gempa Terjadi di Samosir Hari Ini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait