alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Laris Manis Produsen Vaksin Covid-19, Untung Hingga Ratusan Triliun dalam 6 Bulan

Denada S Putri Jum'at, 30 Juli 2021 | 15:05 WIB

Laris Manis Produsen Vaksin Covid-19, Untung Hingga Ratusan Triliun dalam 6 Bulan
Ilustrasi Vaksin dan Nakes

AstraZeneca mengumumkan hasil penjualan vaksin Covid-19 mencapai US$1,2 miliar. Atau setara dengan Rp 17,3 triliun. Pfizer juga melaporkan laba dari penjualan vaksin Covid-19

SuaraKaltim.id - Wabah Covid-19 jadi lahan basah tersendiri bagi produsen vaksin AstraZeneca. Perusahaan dari Oxford itu, mengumumkan hasil penjualan vaksin Covid-19 mencapai US$1,2 miliar. Atau setara dengan Rp 17,3 triliun (asumsi kurs Rp14.467 per dolar AS) pada semester I 2021.

Laporan laba bersih, mencapai 40 persen. Menjadi US$2,1 miliar sepanjang semester I 2021. Tak hanya itu, pendapatan perusahaan naik 14 persen. Menjadi US$15,5 milyar, termasuk dari penjualan vaksin Covid-19 sebesar US$1,2 miliar.

Melansir dari AFP, AstraZeneca setidaknya telah mengirimkan sekitar 319 juta dosis ke seluruh dunia, selama periode tersebut. Dengan catatan ini, AstraZeneca berhasil meraup pendapatan US$572 juta dari penjualan di Eropa, dan US$455 juta di pasar negara berkembang.

"Kami telah membuat kemajuan dramatis dengan vaksin Covid-19 kami Vaxzevria. Mulai hari ini, AstraZeneca dan mitra kami telah merilis satu miliar dosis ke lebih dari 170 negara," kata CEO Pascal Soriot, Kamis (29/07/2021).

Baca Juga: Harjito Meninggal Disuntik Vaksin 2 Dosis Sehari, Korban Malapraktik COVID-19

AstraZeneca jadi salah satu pihak yang pertama kali mengembangkan vaksin Covid-19 pertama, dengan Universitas Oxford, lali menjualnya dengan biaya tanpa menghasilkan keuntungan.

Meski vaksin produksi AstraZeneca sempat diragukan, banyak pihak usai adanya temuan pembekuan darah, nampaknya hal itu hanya sedikit mempengaruhi penjualan.

"AstraZeneca telah mengalami pertumbuhan kuat lainnya berkat kinerja yang kuat di semua wilayah dan area," kata Soriot.

Pertumbuhan jangka panjang akan didukung oleh pembelian perusahaan biotek AS Alexion.

"Baru minggu lalu, kami menyelesaikan akuisisi Alexion, sebuah tonggak besar yang akan memungkinkan kami untuk meningkatkan saluran kami dalam penyakit langka dan imunologi," tambah Soriot, melansir Batamnews.

Baca Juga: Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Naik, BOR RSUD Jati Padang Turun 50 Persen

Produsen vaksin Covid-19 lainnya, Pfizer juga melaporkan laba dari penjualan vaksin Covid-19 mencapai US$5,6 miliar. Atau setara dengan Rp 81,1 trilyun pada kuartal II 2021. Laba ini naik 59 persen, dari periode yang sama tahun lalu pada.

Baca Juga

Berita Terkait