alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duh! Isoter Asrama Atlet GOR Sempaja Tak Kunjung Terealisasi

Denada S Putri Senin, 16 Agustus 2021 | 13:23 WIB

Duh! Isoter Asrama Atlet GOR Sempaja Tak Kunjung Terealisasi
Asrama Atlet GOR Sempaja, Samarinda. [Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Samarinda]

Kata Jauhar, bangunan itu masih harus dilakukan audit struktur bangunan, oleh Kementerian PUPR. Hingga memenuhi faslitas agar layak digunakan pasien Covid-19.

SuaraKaltim.id - Rencana Pemprov Kaltim menyiapkan Asrama Atlet di Kompleks GOR Sempaja Samarinda tidak kunjung terealisasi. Padahal, keberadaan tempat isolasi terpadu (Isoter) sangat dibutuhkan untuk menekan penularan, dan memberikan perawatan maksimal bagi pasien Covid-19.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim, M Jauhar Efendi mengatakan, Asrama Atlet tidak bisa cepat difungsikan untuk tempat isoter. Bangunan itu masih harus dilakukan audit struktur bangunan oleh Kementerian PUPR, hingga memenuhi faslitas agar layak digunakan pasien Covid-19.

“Hari ini sudah dimulai audit struktur bangunan oleh Kementerian PUPR,” kata Jauhar, disadur dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Senin (16/8/2021).

Setelah audit selesai, Jumat (20/8) mendatang, akan dilakukan sejumlah pengerjaan pendukung untuk pemanfaatan Asrama Atlet sebagai tempat isoter.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Godok Santunan Rp 10 Juta untuk Ahli Waris Pasien Covid-19

Adapun target penggunaan Asrama Atlet di Gor Sempaja untuk tempat isoter hingga saat ini belum bisa dipastikan. Pasalnya, kucuran anggaran untuk isoter berasal dari APBN. Pemprov Kaltim pun berharap kucuran dana tersebut.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim M Jauhar Efendi saat memeriksa Asrama Atlet di Gor Madya Sempaja Samarinda. [kaltimtoday.co]
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim M Jauhar Efendi saat memeriksa Asrama Atlet di Gor Madya Sempaja Samarinda. [kaltimtoday.co]

Tempat isoter itu, kata Jauhar, akan sangat bermanfaat untuk menekan laju penularan Covid-19 di Kaltim. Sebelumnya, di Balikpapan, Pemprov Kaltim sudah memfungsikan Asrama Haji Batakan.

“Isoter di Asrama Atlet menunggu penyelesaian dari Kementerian PUPR. Untuk fasilitas pendukung kesehatan semua akan didukung Kementerian Kesehatan. Mulai obat sampai vitamin,” katanya.

Tiga lantai digunakan untuk isoter

Asrama Atlet yang bisa digunakan untuk isoter, yakni lantai 2, 3, dan 4. Artinya, akan ada sekitar 90 kamar yang tersedia untuk menampung 300 pasien Covid-19.

Baca Juga: Ada Delapan Daerah PPKM Level 4 di Benua Etam, Pemprov Akui Paling Banyak di Kaltim

Sementar itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan, komitmennya untuk segera memanfaatkan Asrama Atlet di Gor Sempaja untuk isolasi terpadu. Dukungan tenaga kesehatan (Nakes) untuk itu saat ini sedang dikomunikasikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait