facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Tinjau Langsung Sodetan Akses Menuju IKN, Isran Noor: Tak Ada Masalah dengan Lahan

Denada S Putri | Ummi Hadyah Saleh Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:15 WIB

Jokowi Tinjau Langsung Sodetan Akses Menuju IKN, Isran Noor: Tak Ada Masalah dengan Lahan
Presiden Jokowi meninjau sodetan akses jalan menuju IKN di Provinsi Kalimantan Timur.[Sekretariat Negara]

Sodetan akses itu kelak akan meningkatkan mobilitas masyarakat dari Kota Balikpapan dan Samarinda ke arah IKN.

SuaraKaltim.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi I dan V. Setelah itu, Presiden Jokowi juga meninjau langsung sodetan akses jalan menuju kawasan ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (24/8/2021).

Sodetan akses tersebut berlokasi di Jalan Tol Balsam KM 14, yang dilalui Jokowi dalam perjalanan dari Kota Tepian menuju Kota Minyak.

"Kita melihat ini melihat lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik," ujar Jokowi, disadur dari Suara.com, Selasa (24/8/2021). 

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ketiganya nampak berdiskusi seraya memperhatikan peta dan meninjau langsung dengan teropong.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda; Momen Bersejarah, Jalan Tol Pertama Kalimantan

"Tadi saya dengan Pak Menhan dengan Pak Menteri PUPR untuk melihat secara detail juga. Tadi kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airport. Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan lebih mudah. Itu saja," lanjutnya.

Menhan Prabowo Subianto menyampaikan saran kepada Jokowi, lokasi IKN merupakan lokasi yang strategis. Ia menjelaskan, harus ada keberanian memindahkan ibu kota. Agar bisa memisahkan pusat pemerintahan dari pusat ekonomi.

"Kita harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri," ucapnya.

Pria kelahiran 17 Oktober 1951 itu juga menilai, pemindahan IKN sudah disiapkan dengan matang. Tentunya melalui berbagai studi dan pertimbangan. Untuk itu, pihaknya juga mendukung rencana tersebut untuk diteruskan.

"Saya kira ini saya sangat mendukung, saya menyarankan kepada Presiden bahwa kita harus teruskan Pak, begitu saran saya, dan Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang," jelasnya.

Baca Juga: Rombongan Paspampres Disalip Ambulans di Salah Satu Jalan di Samarinda, Warganet: Respect!

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut, pemerintah dan masyarakat Kaltim berterima kasih kepada Jokowi atas penetapan titik simpang sodetan ke arah IKN.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait