alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dihantam Longsor, Ruang Tengah Rumah Warga Balikpapan Ini Penuh Lumpur dan Tanah

Denada S Putri Kamis, 09 September 2021 | 16:33 WIB

Dihantam Longsor, Ruang Tengah Rumah Warga Balikpapan Ini Penuh Lumpur dan Tanah
Tragedi longsor yang terjadi di RT 40 nomor 71D, Jalan MT Haryono Dalam, Gang VI kawasan BJ, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Peristiwa itu terjadi pagi tadi. Beberapa perabotan hancur akibat tanah longsor membobol tembok.

SuaraKaltim.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan pada dinihari dan Kamis (9/9/2021) pagi juga menyebabkan longsor di pemukiman warga RT 40 nomor 71D Jalan MT Haryono Dalam, Gang VI kawasan BJ, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan. Tanah setinggi 3 meter di samping rumah mengalami longsor. Diketahui tidak ada siring dari tebing tanah tersebut.

Longsor yang terjadi itu menimpa rumah Taman (56) dan terjadi pukul 08.00 Wita. Bersyukurnya, tak ada korban jiwa saat kejadian tersebut. Namun rumah miliknya mengalami kerusakan di bagian samping akibat tembok rumah yang jebol. Kemudian material longsor memenuhi ruang tengah rumahnya.

Ia mengaku sudah mengetahui informasi terjadinya longsor di sekitar rumahnya. Maka dirinya pun membereskan barang-barangnya sebelum terjadi longsor. Hal ini diketahui  karena sudah ada retakan kecil di bagian tanah di luar rumahnya.

“Retak kecil saja tapi semalam itu tanahnya longsor begini (kecil) kemudian lihat ke atas tau-tau sudah longsor. Anak-anak ta' suruh keluar semua. Jam 8 tadi udah keliatan terus brol-brol langsung longsor,” jelasnya, dikutip dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, dikutip di hari yang sama.

Baca Juga: Penyelesaian Ganti Rugi Lahan Tol Balsam Seksi 5, Cuma Lewat Gugatan dan Kesepakatan, Kok?

Ia menjelaskan tragedi tersebut terjadi secara tiba-tiba walaupun sebelumnya ia sudah mengetahui informasi tersebut. Ia sempat memindahkan beberapa barang, tapi tak semuanya berhasil ia angkut.

Ia mengatakan, sejumlah kursi dan beberapa barang mengalami kerusakan. Lantaran terkena material longsor. 

“Saya tau itu mau roboh nah meja saya taruh disini kalau ngak itu masuk ke kamar anak saya. Saya tahan air dan tanah pakai meja,” ujarnya.

Longsor ringan ini, juga dilaporkan pihak RT kepada kelurahan dan Babinsa. Ia menuturkan hal itu ia lakukan berdasarka inisiatif dirinya.

Menanggapi peristiwa itu, Ketua RT 40 Sutopo juga memberikan tanggapan. Ia menyampaikan pihak kelurahan setempat sangat membantu peristiwa tersebut.

Baca Juga: Beri 4 Opsi, Jalan Tertutup Tembok 2 Meter Dibongkar 1 Meter dengan Batas Waktu Sebulan

Menurutnya, mereka sigap, dan para warga setempat juga kompak memberikan pertolongan.

“Setelah kejadian saya langsung ke kelurahan. Alhamdulillah warga kompak gotong royong setelah itu ya korban tidak ada,” kata Ketua RT 40 Sutopo.

Ia menyampaikan, rencananya di tempat kejadian longsor akan dipasang terpal untuk mengantisipasi terjadinya hujan. Dan tidak menyebabkan longsor susulan.

“Warga juga tak akan dipindahkan dari sini, karena disini ada kamar. Tanahnya ini sudah diangkutin sama warga termasuk material,” pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait