alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Artis Indonesia Vaksinasi Dosis Ketiga di Luar Negeri, Nadia Tarmizi: Silahkan Saja

Denada S Putri Kamis, 16 September 2021 | 07:25 WIB

Artis Indonesia Vaksinasi Dosis Ketiga di Luar Negeri, Nadia Tarmizi: Silahkan Saja
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Katanya, vaksinasi di luar Indonesia sudah difasilitasi oleh Kemenkes.

SuaraKaltim.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan tanggapan terkait beberapa artis yang pergi melakukan vaksinasi Covid-19 untuk booster dan dosis ketiga di luar negeri.

Melansir dari Suara.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Jubir Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi menuturkan, kabar tersebut bukan suatu masalah yang perlu dikhawatirkan.

Dia menyampaikan pemerintah Tanah Air kini sudah tak bisa melarang warganya untuk bisa memperoleh booster di luar negeri. Lantaran, fokus pemerintah kunu untuk mengejar target vaksinasi bagi 208 juta warga negara RI.

"Kalau ada warga negara Indonesia yang mau vaksinasi di luar negeri, silahkan saja," ujarnya, dikutip dari sumber yang sama, Kamis (16/4/2021).

Baca Juga: Ada Ranty Maria, Ini 4 Nama Asli Artis Indonesia Keturunan Korea

Dia mengklaim, vaksinasi di luar Indonesia sudah difasilitasi oleh Kemenkes jika kemudian hari bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Hal itu sejalan dengan diluncurkannya fitur baru di aplikasi tersebut. Tujuannya agar pemilik sertfikat vaksin Covid-19 non-Indonesia  mampu mengakses.

"Ini tentu untuk memudahkan bagi warga asing maupun WNI yang mendapatkan vaksin di luar negeri," kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Sementara itu di Indonesia, Nadia menegaskan tidak ada pemberian vaksin booster selain untuk tenaga kesehatan (nakes) atau mereka yang berisiko terpapar viral load virus corona lebih banyak dibanding orang awam.

Langkah yang diambil pemerintah ini juga mendapat dukungan dari Dokter Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa dr. Tirta, bahkan melakukan vaksinasi Covid-19 di luar negeri tidak akan merugikan negara.

Baca Juga: 8 Artis Indonesia Dibaptis, Ada yang Keluar dari Islam

"Kalau mau booster tempat asing gimana? Itu pilihan lo, Anda mau ke Singapura, ke Malaysia atau ke Amerika Serikat, itu pilihan Anda. Lagian toh, itu uang-uang mereka, silahkan aja," timpal dr. Tirta.

Hingga per 15 September 2021 pukul 12.00 WIB, sudah ada 75,1 juta penduduk Indonesia yang mendapat suntikan vaksinasi dosis pertama.

Sedangkan 42,9 juta orang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 lengkap, dua dosis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait