facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Manfaat Kunyit, Rempah-rempah yang Bisa Turunkan Berat Badan

Nur Afitria Cika Handayani Jum'at, 24 Desember 2021 | 10:15 WIB

7 Manfaat Kunyit, Rempah-rempah yang Bisa Turunkan Berat Badan
Ilustrasi kunyit. [Freepik]

Selain sebagai rempah-rempah, manfaat kunyit juga beragam.

SuaraKaltim.id - Masyarakat lebih mengenal kunyit sebagai bumbu penyedap. Meski demikian, rempah ini ternyata tak hanya berguna melezatkan makanan, tapi juga baik untuk kesehatan.

Kunyit memiliki beragam khasiat mulai meredakan gangguan pencernaan hingga mencegah kanker dan penyakit jantung. Hal ini karena kunyit punya kandungan kurkumin dalam rimpangnya.

Tak mengherankan apabila kunyit telah dipakai dalam pengobatan tradisional sejak lama. Mau tahu apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Meredakan Radang

Baca Juga: Reporter Ungkap Berat Badan Jeongyeon TWICE Naik Akibat Obat Steroid!

Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada sekitar 200 miligram (mg) kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh. Berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkan khasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan.

Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes. Namun sampai sekarang belum ada penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti khasiat antiradang kunyit pada manusia.

2. Meredakan Nyeri Haid

Penelitian menyebutkan suplemen yang mengandung kurkumin dapat merigankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) atau nyeri haid. Perempuan Indonesia sendiri sudah akrab dengan jamur kunir asam sebagai warisan nenek moyang untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Baca Juga: Berat Badan Berlebih di Masa Pandemi Covid-19? Yuk Simak Tipsnya

Namun fungsi kunyit atau kunir untuk meredakan nyeri haid memang bukan sekadar mitos.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait