alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantuan Atensi Senilai Rp 153 Juta Bagi 64 Lansia di Bontang Cair, Masing-masing Terima Rp 2,4 Juta

Denada S Putri Selasa, 11 Januari 2022 | 23:20 WIB

Bantuan Atensi Senilai Rp 153 Juta Bagi 64 Lansia di Bontang Cair, Masing-masing Terima Rp 2,4 Juta
Penyerahan bantuan atensi bagi lansia di Kota Bontang. [kaltimtoday.co]

Jadi setiap lansia didampingi relawan lansia yang akan membantu para lansia untuk memenuhi kebutuhannya..."

SuaraKaltim.id - Sebanyak 64 lanjut usia (lansia) dapat bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) Lansia dari BRSLU Gau Mabaji Kementerian Sosial RI. Jumlah bantuan senilai Rp 153.600.000. Angka tersebut disalurkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Yayasan Pandu Qolby.

Dari nominal tersebut, masing-masing penerima akan mendapatkan senilai Rp 2,4 juta. Dalam laporan Ketua Yayasan Pandu Qolby, Suratmi mengatakan, masing-masing lansia dapat dana transfer cash dengan nominal yang disebutkan sebelumnya.

Hal itu setelah aktivasi rekening oleh Bank Mandiri dan BRI Cabang Kota Bontang. Dimana sebelumnya sudah dibukakan rekening kolektif oleh BRI dan Mandiri pusat.

“Pembukaan rekening kolektif sempat gagal dan secara keseluruhan pada 31 Desember 2021 berhasil dilakukan buka rekening dan transfer bertahap sampai 5 kali,” katanya, di Pendopo Rumah Jabatan (Rumjab) Wali Kota Bontang, menyadur dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Vaksin Booster untuk Lansia dan Kelompok Rentan di Jakarta Utara Dimulai Besok, Ini Syaratnya

Bantuan atensi ini, ditujukan kepada lansia terlantar yang ada dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) oleh Pusdatin Kemsos dan di daerah. Ke-64 lansia ini pun terdiri dari 19 lansia di Kelurahan Api-api, 16 lansia Guntung, 9 lansia Bontang Kuala, 6 lansia Bontang Lestari, 1 lansia Berbas Tengah, 3 lansia Tanjung Laut, 4 lansia Tanjung Laut Indah, 2 lansia Belimbing, 1 lansia Kanaan dan 3 lansia Gunung Telihan.

Dia melanjutkan, para lansia ini bisa memanfaatkan bantuan atensi tersebut untuk kebutuhan sesuai hasil asesmen saat di survey oleh surveyor. Beberapa di antaranya, ada yang akan digunakan untuk permodalan sebanyak 13 lansia, 45 lansia digunakan untuk sembako, 2 lansia akan menggunakan uang bantuan untuk membeli popok, 1 lansia butuh alat kesehatan berupa kursi roda, dan 3 lansia akan memanfaatkan uang bantuan untuk memperbaiki rumahnya.

“Jadi setiap lansia didampingi relawan lansia yang akan membantu para lansia untuk memenuhi kebutuhannya memanfaatkan bantuan dengan harapan para lansia bisa lebih mandiri,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua dan relawan Yayasan Pandu Qolby. Karena hasil jerih payahnya lansia di Bontang bisa dapat bantuan dari Kemensos RI. Sebagai pemerintah, Najirah mengaku pihaknya memperhatikan juga bantuan-bantuan ke masyarakat.

“Alhamdulillah banyak CSR juga dari perusahaan. Masyarakat sebenarnya dapat banyak bantuan baik dari pemerintah juga perusahaan serta kementerian. Antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat saling bekerja sama untuk bisa memberikan bantuan bagi masyarakat Bontang yang membutuhkan,” tandasnya.

Baca Juga: Genangan Banjir di Kaltim Diklaim Berkurang 70,7 Hektare, Masa Sih?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait