facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Listrik di IKN Nusantara Bakal di Pasok dari Sistem Kelistrikan Interkoneksi Mahakam

Denada S Putri Jum'at, 25 Maret 2022 | 15:04 WIB

Listrik di IKN Nusantara Bakal di Pasok dari Sistem Kelistrikan Interkoneksi Mahakam
Ilustrasi IKN Nusantara. [YouTube Sekretariat Presiden]

Kami siapkan desain Zero Down Time (ZDT), Distribution Automation System (DAS), Smart Grid."

SuaraKaltim.id - PLN menyatakan kesiapannya mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Khsusunya memasok kebutuhan energi listrik. Hal itu disampaikan dalam diskusi publik bertajuk Peran Pondok Pesantren dalam Pengawasan Pelayanan Publik Sektor Kelistrikan Menyongsong Ibu Kota Negara, yang digelar pada Kamis (24/3/2022).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra Saleh Siswanto menyatakan, pihaknya akan memberikan support penuh terhadap infrastruktur kelistrikan guna menunjang pembangunan IKN.

“Kami siap bergerak cepat dalam menyediakan infrastruktur kelistrikan IKN. Kami sudah siap dengan perlatan pendukung kami diantaranya dengan menyediakan GI Mobile juga membangun penyulang-penyulang baru demi listrik yang andal untuk kelancaran masa pra konstruksi IKN”, terangnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Jumat (25/3/2022).

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Saleh bahwa PLN telah menyusun roadmap dan grand desain untuk menyalurkan listrik dengan konsep Smart, Green and Beautiful untuk melistriki IKN Nusantara.

Baca Juga: Gakkum KLHK Kaltim Tangkap Penambang Batu Bara Ilegal di Dekat IKN Nusantara

“Kami siapkan desain Zero Down Time (ZDT), Distribution Automation System (DAS), Smart Grid. Kelistrikan di IKN nantinya akan menggunakan energy baru terbarukan, sehingga akan tercipta kawasan yang zero emission”, lanjutnya.

Ia menjelaskan, kawasan IKN Nusantara nantinya akan disuplai oleh Sistem Kelistrikan Interkoneksi Mahakam dengan daya mampu 911 MW dengan beban puncak  501 MW. Artinya PLN memiliki daya yang melimpah untuk melistriki IKN.

Dengan surplus kelistrikan yang ada pada Sistem Interkoneksi Kalimantan, Saleh mengaku sangat optimis dapat melayani pelanggan pelanggan baru, baik rumah tangga, bisnis, industri, untuk menghidupkan geliat Ibukota Negara Nusantara.

“Tentunya dalam proyek melistriki Ibukota Negara Nusantara, kami juga membutuhkan sinergi dan support baik berbagai pihak dan stakeholders demi kelancaran pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan,” ujarnya.

“Semoga sinergi yang sudah terjalin dengan baik ini bisa terus diperkuat demi listrik yang berkeadilan bagi masyarakat.”

Baca Juga: Terkait Isu Pembebasan Lahan di IKN Nusantara, Kantor Staf Presiden: Apapun yang Jadi Masalah, akan Kami Selesaikan

Lalu katanya, PLN juga sangat terbuka dalam menerima keluhan maupun pengaduan pelanggan. Masyarakat bisa mengadukan langsung melalui callo center PLN 123 atau melalui aplikasi PLN mobile

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait