facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ahli Kontruksi Ini Beberkan Fakta Penyebab Ambruknya Alfamart di Gambut

Denada S Putri Sabtu, 23 April 2022 | 04:00 WIB

Ahli Kontruksi Ini Beberkan Fakta Penyebab Ambruknya Alfamart di Gambut
Alfamart ambruk di Kalimantan Selatan. (Antara)

Jadi kalau usianya masih muda, robohnya bangunan itu berarti ada permasalahan dari segi kontruksinya, dalam usia 10 tahun bangunan tersebut harusnya masih kokoh, ujarnya.

SuaraKaltim.id - Ahli Kontruksi Fakultas Teknik Unlam, Akbar Rahman menilai penyebab ambruknya toko retail modern Alfamart berlantai tiga di Jalan Ahmad Yani KM 14, Gambut Kabupaten Banjar.

Dalam analisanya, ia menerangkan, pertama jika bangunan itu usiannya baru berkisar 10 tahun lebih, maka masih menurutnya usia tersebut masih sangat muda untuk sebuah bangunan. Dalam Standar Nasional Indonesia (SNI), baik dari sisi  kontruksi maupun strukturnya, fungsi bangunan itu bisa digunakan sampai 5 puluh tahun.

“Jadi kalau usianya masih muda, robohnya bangunan itu berarti ada permasalahan dari segi kontruksinya, dalam usia 10 tahun bangunan tersebut harusnya masih kokoh,” ujarnya, melansir dari KoranBanjar.NET--Jaringan Suara.com, Sabtu (23/4/2022).

Mengenai kualitas bangunan, ia memaparkan, pemerintah saat ini seharusnya bisa dengan baik memperhatikan dari berbagai macam hal. Mulai dari spesifikasi, tenaga ahli bangunan, serta apakah sudah ada undang-undang baik untuk insinyur maupun arsitek yang sudah dijaga dalam bentuk regulasi.

Baca Juga: Alfiana Nurlisa Molodu Perempuan Penggiat Pertanian Lahan Gambut Dapat Penghargaan di Hari Kartini

Tak hanya itu, ada hal yang juga disorot olehnya. Yakni, pengelolaan terkait perijinan pembangunan gedung. Katanya, dahulu IMB namanya, sekarang Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

“Maka dalam proses PBG, harus ditangani tenaga ahli untuk mereviewnya, yang bersertifikat termasuk pengusul perencanaan dari tenaga ahli yang memiliki sertifikat,” terangnya.

Ia melanjutkan, dalam 3 tahun belakangan ini, mulai terus ditingkatkan regulasi maupun pengelolaannya. Namun permasalahannya, selama ini yang terjadi bangunan rumah toko (Ruko) baik di Banjarmasin maupun Kabupaten Banjar rata-rata di atas 5 tahun.

“Pada proses awalnya kurang terseleksi atau kurang terkontrol untuk kualitas bangunan, jadi ini salah satu penyebabnya mengapa kualitas bangunan itu tidak bagus,” jelasnya.

Lebih lanjut, ada kemungkinan lain penyebab bangunan Alfamart pertama yang berdiri di Gambut tersebut bisa runtuh. Ia menduga, bisa jadi saat perencanaan sudah bagus, namun pada pelaksanaannya berubah karena tidak diawasi dengan baik.

Baca Juga: Ini Kondisi Terakhir Salah Satu Korban Selamat Ambruknya Alfamart, Publik: Noor Shiva Harus Kuat!

“Termasuk tenaga yang digunakan tidak terampil juga yang menyebabkan kualitas bangunan itu tidak mantap,” tuturmya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait