facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Perkembangan Rencana Bisnis Penerbangan Perintis dan Kargo Pemkot Samarinda

Denada S Putri Senin, 04 Juli 2022 | 12:30 WIB

Ini Perkembangan Rencana Bisnis Penerbangan Perintis dan Kargo Pemkot Samarinda
Wali Kota Samarinda, Andi Harun. [Presisi.co]

"Dengan kalkulasi sangat konservatis sehingga ada perhitungan yang sangat optimistis, kata orang nomor satu di Samarinda.

SuaraKaltim.id - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk membuka maskapai penerbangan sendiri, memang masih berlanjut hingga saat ini.

Untuk diketahui, Perumda Varia Niaga Samarinda dan PT Big Jet masih terlibat dalam diskusi serius. Guna melancarkan rencana tersebut.

Dikatakan Wali Kota Samarinda Andi Harun, rencana pemkot untuk membuka maskapai penerbangan perintis dan kargo antar provinsi di Kaltim ini sudah melalui perhitungan yang mantap.

Bahkan, katanya hal itu berdasarakan hasil kajian kedua atau feasibility study. Di mana disimpulkan, bisnis maskapai yang akan digarap oleh pemkot ini berpotensi menjanjikan buat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Baca Juga: Link Live Streaming Borneo FC Samarinda vs PSM Makassar di Perempatfinal Piala Presiden

"Dengan kalkulasi sangat konservatis sehingga ada perhitungan yang sangat optimistis,” kata orang nomor satu di Samarinda ini, melansir dari Presisi.co--Jaringan Suara.com, Senin (4/7/2022).

Lebih spesifik, ia menyampaikan bahwa pihaknya juga telah menjatuhkan pilihan pada pesawat jenis Avions de Transport Regional (ATR) 72 seri 600. Pesawat perintis dengan dua baling – baling itu dinilai mumpuni.

Pesawat buatan benua Eropa itu juga dinilai memiliki kecepatan kira - kira 900 knot/mil. Pesawat ini dipandang paling cocok untuk bisnis penerbangan di Kaltim.

Selain itu, pesawat ATR 72 seri 600 bisa landing dan lepas landas di bandara APT Pranoto. Saat landing, dengan menggunakan bandara dengan landasan pacu 1600 meter minimal sudah dapat dilakukan. Bahkan jarak tempuh pesawat berkapasitas maksimal 50 penumpang itu sanggup menempuh perjalanan sepanjang 1600 kilometer.

“Kami akan mendalami ini, karena sekarang banyak pesawat parkir dihampir seluruh dunia, jadi mendapatkan sewa dengan harga yang sangat murah ada peluang besar. Tidak seperti saat normal sebelum kondisi  Covid – 19,” paparnya. 

Baca Juga: Piala Presiden Malam Ini: Borneo FC Fokus Siapkan Mental, PSM Makassar Bersiap Hancurkan Kutukan

Secara teknis, pemkot melalui Perumda Varia Niaga juga tengah mempelajari kemungkinan perusahaan penyedia pesawat bernama Big Jet untuk memberikan opsi - opsi terbaik dari kerjasama di sektor kedirgantaraan tersebut. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait