alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wali Kota Rahmad Mas'ud Pastikan Covid-19 Varian Delta Telah Menyebar di Balikpapan

Chandra Iswinarno Selasa, 20 Juli 2021 | 16:09 WIB

Wali Kota Rahmad Mas'ud Pastikan Covid-19 Varian Delta Telah Menyebar di Balikpapan
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. [Inibalikpapan.com]

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memasitkan Covid-19 varian Delta yang dikenal dengan B 16172 yang kali pertama ditemukan di India, kini telah menyebar di Kota Minyak.

SuaraKaltim.id - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memasitkan Covid-19 varian Delta yang dikenal dengan B 16172 yang kali pertama ditemukan di India, kini telah menyebar di Kota Minyak tersebut.

Pengumuman yang disampaikan Rahmad tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Telah ditemukan varian delta baru berdasarkan hasil laborantorium yang dikirim dari Jakarta,” ungkapnya usai rapat pembahasan PPKM Level 4 seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com pada Selasa (20/07/2021).

Dia mengatakan, selain Balikpapan, ada dua daerah lain yang menjadi tempat pesebaran Covid-19 varian delta di Kaltim, yakni Samarinda dan Bontang.

Baca Juga: Sepekan PPKM Darurat, DKK Balikpapan: 7.086 Warga Jalani Rapid Antigen, 6.072 Swab PCR

Untuk mengenali Covid-19 varian Delta, dia menyebut sangat mudah, karena bisa diketahui dari tingginya lonjakan kasus.

“Jadi ada tiga di Kaltim, Jadi Samarinda dan Bontang,” ujarnya.

Karena itu, Rahmad meminta warga untuk tetap waspada. Tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Karena setiap saat bisa terinveksi covid-19 jika tak taat prokes.

“Perlu saya sampaikan ke masyarakat, hati-hati kita. Waspada. Tapi jangan juga ketakutan. Covid-19 ini ada disekeliling kita. Tapi sekali lagi dengan prokes Insyaallah menjaga keluarga kita dan diri kita,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengemukakan, sedikitnya ada dua ciri utama Covid-19 varian Delta yang bisa terlihat.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Fungsikan Embarkasi Haji Batakan Jadi RS Darurat Covid-19

Budi mengemukakannya, setelah Kemenkes berdiskusi dengan epidemiologi juga diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri saat membahas sebaran varian delta yang terjadi di luar Pulau Jawa-Bali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait