alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Babak Baru Penabrakan Tiang Jembatan Mahakam, KSOP: Izin Kami Tarik, Selesaikan Masalahnya

Denada S Putri Rabu, 01 September 2021 | 13:51 WIB

Babak Baru Penabrakan Tiang Jembatan Mahakam, KSOP: Izin Kami Tarik, Selesaikan Masalahnya
Tangkapan layar video amatir kapal tongkang batu bara yang menabrak Jembatan Mahakam. [Presisi.co]

KSOP Klas IIA Samarinda tak akan memberikan izin pelayaran hingga kasus tuntas diselesaikan perusahaan dari kapaal tongkang Intan Kelana 3.

SuaraKaltim.id - Kasus penabrakan tiang Jembatan Mahakam yang dilakukan oleh kapal tongkang (TK) Intan Kelana 3 memasuki babak baru. Kali ini pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas IIA Samarinda memeriksa langsung kasus penabrakan tersebut.

Kasubbag Tata Usaha KSOP Klas IIA Samarinda Zulqadri Edy mengungkapkan beberapa fakta terkait insiden tersebut. Yakni, pengolongan jembatan yang haruskan sejak jam 07.00 Wita, namun di pukul 06.00 Wita kapal tongkang justru memutar balik.

Ia menyatakan, dugaan adanya panggilan atau pemberitahuan tertentu, yang mengharuskan kapal tersebut putar balik.

"(Pengolongan jembatan) itu harusnya jam 7,  mungkin pemberitahuan, terpaksa kapal harus mutar balik, saat mutar itulah tali ponton putus," ungkapnya, Rabu (1/8/2021).

Baca Juga: Suara Keras Terdengar, Jembatan Mahakam Samarinda Dihantam Kapal Tongkang Batu Bara

Dirinya menegaskan akan ada sanksi yang diberikan kepada perusahaan pihak kapal tersebut. Sanksi itu berupa tidak diberikannya izin berlayar kepada perusahaan kapal tersebut.

Pihaknya juga menuntut, adanya pertanggungjawaban atas insiden penabrakan tiang Jembatan Mahakam yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Pokoknya sebelum permasalahan itu selesai, kami tidak akan memberikan izin pelayaran."

"Umpamanya, pihak perusahaan kapal harus membayar ganti rugi, apapun perjanjiannya sudah selesai semua, keselamatan kapal sudah oke, kami akan kasih izin berlayar," imbuhnya.

Penyidikan Satpolair Polresta Samarinda ke ABK Kapal

Baca Juga: Viral Video Seorang Pria Memutus Tali Tongkang Batubara yang Sedang Berlayar, Waduh!

Satuan Polisi Air (Satpolair) Polresta Samarinda telah melakukan penyidikan kepada beberapa ABK kapal tugboat JKW MAHAKAM 2, yang menarik tongkang Intan Kelana 3. Berdasarkan itu, kesimpulan yang didapatkan ialah kapal mengalami kerusakan sebelum melewati jembatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait