facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir di Kelurahan Guntung Bontang Sampai Selutut Orang Dewasa, Rombongan Pemkot Apa Kabar?

Denada S Putri Jum'at, 28 Januari 2022 | 19:18 WIB

Banjir di Kelurahan Guntung Bontang Sampai Selutut Orang Dewasa, Rombongan Pemkot Apa Kabar?
Lokasi banjir di Jalan Tari Enggang RT 04 Kelurahan Guntung. [KlikKaltim.com]

"Dari dulu pembangunan belum selesai. Jadi setiap air sungai meluap yah masuk ke pemukiman warga," terangnya.

SuaraKaltim.id - Banjir merendam pemukiman warga di Kelurahan Guntung, RT 04, Jalan Tari Enggang sejak pukul 12.00 Wita, Jumat (28/1/2022). Bencana ter terjadi karena debit hujan yang tinggi sejak pagi hari. Akibatnya akses jalan menuju Rumah Adat Guntung tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Diketahui ketinggian air sudah hampir selutut orang dewasa. Salah satu warga, Amat mengatakan, banjir selalu terjadi ketika curah hujan cukup tinggi. Bukan kali ini saja, dua hari yang lalu pun wilayah tempat ia tinggal juga terendam akibat tumpahan air dari hulu. 

"Setiap hujan deras dan waktunya lama pasti naik ini mas. Air juga semakin naik ini ke darat. Jalan aja ditutup sudah tidak bisa lewat," katanya, melansir dari KlikKaltim.com--Jaringan Suara.com.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Guntung Romy Rizka mengatakan, saat ini sudah ada 3 RT yang terendam banjir. Biasanya, ketika banjir besar akan merendam 6 RT.

Baca Juga: Tragis, Bocah 8 Tahun di Bontang Meninggal Karena Terjebak di Gorong-gorong, Aipda Ahmad Bajuri Sebut Badannya Membiru

"Saat ini ada 3 RT yang terendam. Yaitu RT 11, RT 4, dan RT 06," ucap Romy. 

Penyebab terjadinya banjir, lantaran proses penurapan yang masih belum selesai di wilayah RT 12 Kelurahan Guntung. Ia melanjutkan, ada 150 meter turap masih belum dibangun. Rencananya, pengerjaan akan berlanjut pada APBD Perubahan 2022 mendatang. 

"Dari dulu pembangunan belum selesai. Jadi setiap air sungai meluap yah masuk ke pemukiman warga," terangnya. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang, mencatat ketinggian air sungai di Bontang mengalami peningkatan.

Kepala BPBD Bontang, Zainuddin mengatakan peningkatan ketinggian air juga terjadi di hulu tepatnya di Kilo Meter 5 Jalan Poros Bontang - Samarinda. 

Baca Juga: Didemo Ratusan Sopir Truk, Perusahaan Janji Penuhi Tuntutan PLBB, Tapi dengan Syarat

"Ketinggiannya naik secara perlahan. Namun, potensi debit sungai meningkat juga ada di Bontang," ucapnya. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait