facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waduh, Program Rantang Kasih Banjir Kritik, Dinas Sosial Bontang Beberkan Sejumlah Hal Ini

Denada S Putri Sabtu, 07 Mei 2022 | 14:30 WIB

Waduh, Program Rantang Kasih Banjir Kritik, Dinas Sosial Bontang Beberkan Sejumlah Hal Ini
Ilustrasi Program Rantang Kasih. [Istimewa]

"Jadi selain makanan, pembiayaan juga dialokasikan untuk pengantaran dan pengadaan rantang sebagai tempat menaruh lauk pauk," katanya.

SuaraKaltim.id - Program Rantang Kasih menuai banyak kritikan belakangan ini. Menu yang disajikan dianggap tidak sesuai dengan anggaran fantastis yang digelontorkan. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-PM) Bontang pun angkat bicara.

Program yang berjalan sejak awak Maret 2022 menuai proses panjang. Dikutip dari catatan KlikKaltim.com--Jaringan Suara.com, awal mula program Rantang Kasih diusulkan pelaksanaanya dilakukan secara gelondongan. 

Tetapi, rencana itu bergeser dengan skema swakelola tipe 4 dan melibatkan Kelompok Masyarakat (Kopmas). Untuk mengganti kegiatan itu, Pemkot Bontang menerbitkan aturan yang bisa membuat program unggulan tersebut bisa berjalan. 

Nilai awalnya, alokasi per porsi sebanyak Rp 50 ribu. Tetapi dengan alasan anggaran terbatas nilai itu berkurang menjadi Rp 30 ribu. Keputusan akhir, total anggaran yang dialokasikan untuk program ini senilai Rp 2 Miliar untuk 9 bulan. 

Baca Juga: Menu Rantang Kasih Cuma Tempe dan Telur Goreng, Bahtiar Mabe Janji Bakal Evaluasi

Untuk merumuskan program rantang kasih, Pemkot Bontang membentuk tim khusus ditingkat kota. Mulai dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), Dinas Koperasi, UKM-Perdagangan, Dinas Kesehatan, Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKP-BJ), serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah. 

Namun, belum diketahui secara pasti berapa rincian yang dikhususkan untuk mempersiapkan makanan yang akan diterima selama dua kali dalam sehari. Anggaran itu digabung mulai pengadaan rantang yang setiap lansia mendapat jatah dua buah. Selain itu juga ada anggaran biaya pengantaran dan insentif bagi Kelompok Swadaya Masyarakat. 

Untuk rincian terdapat 10 persen dari setiap pengajuan Kopmas diperuntukkan biaya pembayaran untuk anggota yang terlibat misalnya yang memasak makanan untuk lansia. 

"Jadi selain makanan, pembiayaan juga dialokasikan untuk pengantaran dan pengadaan rantang sebagai tempat menaruh lauk pauk," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dissos-PM Marwati, disadur dari sumber yang sama, Sabtu (7/5/2022). 

Rincian Pembagian Seporsi Makanan Rantang Kasih

Baca Juga: Menu Program Rantang Kasih Kembali Dilirik dan Disindir: Menu Spesial di Hari yang Fitri

Dari total Rp 30 ribu per porsi, sebanyak Rp 20 ribu untuk sajian makanan dan sisanya dipakai membiayai pengantaran langsung ke rumah lansia. Perihal menu yang disajikan, Marwati mengakui setiap sajian makanan sudah melalui kontrol dari Dinsos-PM. Karena, sebelum diantarkan kepada lansia Kopmas diminta terlebih dahulu mendokumentasikan menu tersebut. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait