alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPRD Kota Balikpapan Mulai Garap Raperda Jaminan Produk Halal

Sapri Maulana Selasa, 13 April 2021 | 19:08 WIB

DPRD Kota Balikpapan Mulai Garap Raperda Jaminan Produk Halal
Ilustrasi produk halal. [Shutterstock]

Andi Arif Agung memaparkan, raperda jaminan produk halal jika disahkan maka akan memberi jaminan kepada masyarakat bahwa produk yang beredar di masyarakat halal.

SuaraKaltim.id - Untuk menerjemahkan Undang-undang Noimor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, DPRD Kota Balikpapan mulai menggarap rancangan peraturan daerah (raperda) tentang jaminan produk halal. Raperda jaminan produk halal bertujuan untuk memastikan jaminan asal-usul produk yang beredar di masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah(Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan Andi Arif Agung, saat diwawancara pewarta.

“Rapareda ini untuk menterjemahkan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal sebagaimana juga dengan Undang-undang Cipta Kerja,” ujarnya, Selasa (13/4/2021) dilansir Inibalikpapan.com, jaringan Suara.com.

Andi Arif Agung memaparkan, raperda halal jika disahkan maka akan memberi jaminan kepada masyarakat bahwa produk yang dihasilkan halal.

Baca Juga: Tiga Pelaku Curanmor di Bawah Umur Ditangkap Polresta Balikpapan

Anggota DPRD Balikpapan Andi Arif Agung. [Inibalikpapan.com]
Anggota DPRD Balikpapan Andi Arif Agung. [Inibalikpapan.com]

Mulai dari produksinya hingga distribusi ke masyarakat sesuai ketentuan jaminan halal

“Kita ini prinsipnya Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal dan ini sifatnya dari hulu ke hilir artinya dari penyedia bahan baku, baru kemudian produksinya sampai distribusinya ke masyarakat ini harus ada namanya jaminan produk halal,” ujarnya

Nantinya juga akan mempermudah Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk memfasilitas seluruh produk, termasuk UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. Begitu juga pedagang kaki lila (PKL) seperti pedagang bakso.

“Ini dalam rangka untuk mempermudah, untuk membantu salah satunya adalah Pemkot memfasilitasi untuk sertifikasi produk halal,” ujarnya

“Artinya prosesnya akan kesana dan kalau kita melihat situasi ini kan dalam rangka untuk memperkuat UMKM dan memberikan rasa nyaman buat konsumen, rasa aman bahwa ini produk higienis dan halal oleh masyarakat.”

Baca Juga: Parkir Dipinggir Jalan, Driver Ojol di Balikpapan Kena Tilang Elektronik

https://www.inibalikpapan.com/godok-raperda-halal-dprd-balikpapan-prinsipnya-penyelenggaraan-jaminan-produk-halal/

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait