facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Songsong IKN, UMKM di Benuo Taka Dibekali Kewirausahaan Digital

Denada S Putri Jum'at, 01 April 2022 | 20:17 WIB

Songsong IKN, UMKM di Benuo Taka Dibekali Kewirausahaan Digital
Ilustrasi--UMKM PPU belajar ilmu digital. [Istimewa]

"Para pelaku UMKM itu diberikan pelatihan DEA."

SuaraKaltim.id - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dibekali ilmu kewirausahaan digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menghadapi persaingan usaha menyongsong kepindahan ibu kota negara (IKN) ke wilayah tersebut.

Sumber daya manusia para pelaku UMKM menurut Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso ditingkat melalui pelatihan yang dilaksanakan Senin (28/3/2022) sampai Selasa (29/3/2022) kemarin.

"Para pelaku UMKM itu diberikan pelatihan DEA (digital entrepreneurship academy)," ujarnya, melansir dari ANTARA, Jumat (1/4/2022).

Pelaku UMKM dibekali dasar-dasar kewirausahaan digital, hingga tata cara memanfaatkan teknologi aplikasi dalam memaksimalkan setiap barang dan jasa yang dipasarkan. Program Kemkominfo tersebut untuk menyesuaikan pelaku UMKM mengikuti perubahan tata cara berdagang dengan sarana digital menyediakan cara baru untuk berbisnis.

Baca Juga: Ogah Hambur-hamburkan Anggaran saat Rakyat Susah, BURT Minta Setjen DPR Kaji Ulang Pengadaan Gorden Rp 48,7 Miliar

Tidak bisa dipungkiri dan dihindari, perkembangan teknologi membawa perubahan cukup besar menurutnya. Maka, memaksa untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi harus dilakukan.

"Pelatihan kewirausahaan digital sangat penting, karena perubahan bisnis digital kepada masyarakat perlu dilakukan untuk tumbuhkan pola pikir," ucapnya.

"Harus persiapkan sejak dini agar tidak kalah dengan pendatang karena pindahnya ibu kota negara," tambahnya.

Penyelenggaraan program pelatihan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut termasuk prioritas untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, sebab daerah berjuluk "Benuo Taka" tersebut menjadi penyangga ibu kota negara baru.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal membangun kesepakatan kerja sama untuk sejumlah program pelatihan bagi pelaku UMKM tersebut.

Baca Juga: Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie Dipanggil KPK Terkait Kasus Korupsi Bupati Penajam Paser Utara

Kemajuan teknologi informasi dan perubahan kebiasaan masyarakat kata dia, membuat sektor usaha juga harus berubah agar dapat meningkatkan perekonomian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait