facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bendungan Sepaku Semoi Bakal Cukupi Kebutuhan Air Baku di IKN Nusantara Sampai 2030 Nanti

Denada S Putri Senin, 27 Juni 2022 | 19:31 WIB

Bendungan Sepaku Semoi Bakal Cukupi Kebutuhan Air Baku di IKN Nusantara Sampai 2030 Nanti
Bendungan Sepaku Semoi. [Istimewa]

Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu."

SuaraKaltim.id - Pemerintah menargetkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan rampung sekitar Januari atau Februari 2023 nanti.

Untuk diketahui, bendungan yang terletak di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku ini akan dimanfaatkan untuk mendukung kebutuhan air baku dan mereduksi banjir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.000 liter/detik, juga untuk memenuhi kebutuhan air di Balikpapan sebesar 500 liter/detik.

Bendungan ini juga diproyeksikan sebagai infrastruktur pengendali banjir kawasan IKN sebesar 55%. ”Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi  penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Investor Hongkong Disebut Berminat dengan Pembangunan IKN Nusantara

“Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu,” lanjut Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga memberikan arahan kepada jajarannya agar menambahkan pada beton-beton bangunan utama bendungan dengan ornamen-ornamen kearifan lokal sehingga tampilannya lebih artistik, tidak hanya pada lansekap bendungan tetapi juga bagian bangunan inti bendungan. 

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan, progres konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah mencapai 56,72% dan ditargetkan selesai pada awal 2023 nanti.

“Sesuai kontrak bendungan selesai pada Desember 2023, tetapi arahan Bapak Menteri PUPR dipercepat lebih awal untuk segera mendukung sumber air baku kawasan IKN. Kami siapkan air bakunya kurang lebih untuk 1,5 juta penduduk,” kata Jarot

Bendungan Sepaku Semoi dibangun dengan skema kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya-PT Sacna-dan PT. BRP (KSO).

Baca Juga: Rahmad Mas'ud Ingin Pembangunan Jembatan Penghubung Kampung Baru dan Kariangau Pakai Dana Bankeu

Bendungan ini didesain dengan tipe urugan tanah homogen dengan luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait