facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diklaim Sudah Sudah 70 Persen, BIAN di Balikpapan Bakal Diperpanjang Hingga Akhir Juli

Denada S Putri Rabu, 06 Juli 2022 | 18:14 WIB

Diklaim Sudah Sudah 70 Persen, BIAN di Balikpapan Bakal Diperpanjang Hingga Akhir Juli
Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty. [Inibalikpapan.com]

"...Hal ini dikarenakan jadwal ujian dan libur sekolah, katanya.

SuaraKaltim.id - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan optimistis target capaian program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kota Minyak dapat tercapai pada akhir Juli ini.

Hal itu disampaikan Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarti. Dia mengatakan, untuk saat ini capaian target BIAN sudah mencapai 70,9 persen.

“Target tersebut merupakan capaian yang sudah dilaksanakan selama bulan Juni 2022 lalu,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Rabu (6/7/2022).

Dio biasa Andi Sri Juliarty disapa menuturkan, jadwal pelaksanaan BIAN telah diperpanjang hingga akhir Juli ini. Alasannya, karena target yang diharapkan secara nasional belum tercapai.

Baca Juga: Takluk dari Semen Padang, Pelatih Persiba Balikpapan Ngaku Punya PR Besar

“Capaian pelaksanaan pula diimunisasi di Kota Balikpapan sudah mencapai 70,9 persen. Hal ini dikarenakan jadwal ujian dan libur sekolah,” katanya.

Dia menerangkan, dari capaian 70,9 persen imunisasi tersebut, rata-rata untuk anak di jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah hampir terpenuhi. Katanya, yang belum yang usia balita.

“Belum tercapainya target imunisasi untuk usia balita ini karena memang banyak Posyandu tutup, sehingga pihaknya akan mendorong lagi untuk dibuka kembali. Karena usia balita ini lebih dekatnya di Posyandu,” jelasnya.

Ia menyampaikan dalam pelaksanaan bulan imunisasi nasional ini, ada beberapa vaksin yang diberikan di antaranya campak rubella menyasar kepada semua anak. Kemudian kegiatan ini juga mengejar pelaksanaan imunisasi wajib yang bolong pelaksanaannya pada pandemi seperti polio dan DPT.

“Kita menargetkan untuk kecapaian imunisasi 100 persen ini dapat tercapai pada akhir Juli ini. Sebelumnya memang jadwal bulan imunisasinya diperpanjang dari jadwal sebelumnya yang ditetapkan pada bulan Juni dan diperpanjang 1 bulan hingga akhir Juli,” tuturnya.

Baca Juga: Dear Warga Balikpapan, Seragam Sekolah Gratis untuk SD Kelas 1 dan 7 SMP Bakal Disiapkan Disdikbud

Untuk diketahui, di 2022 ini Kemenkes RI mencanangkan program BIAN untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi Covid-19. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait