facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nelayan di Bontang Dapat Pelatihan Basic Safety Training dari Pemkot, Basri Rase: Manfaatkan Betul Acara Ini

Denada S Putri Kamis, 09 Juni 2022 | 06:30 WIB

Nelayan di Bontang Dapat Pelatihan Basic Safety Training dari Pemkot, Basri Rase: Manfaatkan Betul Acara Ini
Wali Kota Bontang Basri Rase membuka Pelatihan Basic Safety Training. [KlikKaltim.com]

"...untuk mendapat pengetahuan. Semoga selesai acara ini kemampuan nelayan kita meningkat, ujarnya.

SuaraKaltim.id - Pemkot Bontang memfasilitasi 100 orang nelayan dan keluarga nelayan pengetahuan Basic Safety Traning (BST) Kapal Layar Motor, dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil secara gratis. Kegiatan itu dilakukan pada Selasa (7/6/2022) kemarin.

Wali Kota Bontang, Basri Rase mengatakan, melalui kegiatan ini para nelayan bisa menimba ilmu yang sangat berguna dalam aktivitas melaut.

“Manfaatkan betul acara ini untuk mendapat pengetahuan. Semoga selesai acara ini kemampuan nelayan kita meningkat,” ujarnya, melansir dari KlikKaltim.com--Jaringan Suara.com, Kamis (9/6/2022).

Ia melanjutkan, data statistik menunjukkan hasil tangkapan laut Bontang termasuk yang tertinggi di Kaltim. Meskipun, dalam praktiknya masih didominasi oleh nelayan luar pulau.

Baca Juga: Habis Ditegur Disnaker, PT KAP Langsung Buka Loker untuk Warga Bontang

Untuk itu, menurut orang nomor satu di Bontang tersebut, peningkatan kapasitas serta pengetahuan standar keamanan di laut bagi nelayan asal Bontang sangat penting di berikan.

"(Tentunya bisa) bermanfaat," singkatnya.

Senada, Sub Kordinator Jaminan Sosial, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bontang, M Ali Katuo yang turut menghadiri kegiatan tersebut menyatakan, kegiatan ini sejalan dengan program pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Pengetahun ini akan sangat membantu utamanya bagi Nelayan dan pengusaha penjual ikan,” tuturnya.

Sebutnya, aturan lalulintas laut termasuk pengetahuan jalur khusus hingga nelayan dapat mengantongi surat keterangan kecakapan 60 Mil ini tentu bermanfaat seiring semakin meningkatnya aktivitas pelayaran di perairan Bontang.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Nelayan di Pesisir Selatan Jembrana Enggan Melaut

“Semoga semua peserta yang ikut nantinya juga dapat menularkan pengetahuannya kepada masyarakat dan nelayan lainnya,” harapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait