alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Komentar Shin Tae-yong Soal Timnas U-19 Tak Bisa Uji Coba di Spanyol

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha Rabu, 13 Januari 2021 | 19:18 WIB

Komentar Shin Tae-yong Soal Timnas U-19 Tak Bisa Uji Coba di Spanyol
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memantau latihan pemain-pemain persiapan SEA Games 2021 (dok. PSSI).

Timnas U-19 harus mengakhiri TC lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya

SuaraKaltim.id - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengaku kecewa tak bisa melakukan uji coba saat timnya training camp (TC) di Spanyol. Padahal, sparing dianggapnya bisa meningkatkan kemampuan pemain.

Seperti diketahui, Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- harus mengakhiri TC lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. David Maulana dan kawan-kawan akan pulang ke Tanah Air, Rabu (13/1/2021).

Dijadwalkan skuat Timnas Indonesia U-19 mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/1/2021). Padahal sebelumnya Pasukan Merah Putih dijadwalkan berada di Negeri Matador sampai 31 Januari mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong melihat anak asuhannya sedang melakukan internal game (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong melihat anak asuhannya sedang melakukan internal game (dok. PSSI)

Selain TC, PSSI sejatinya sudah siapkan lawan-lawan uji coba. Namun, tak bisa terlaksana karena situasi pandemi COVID-19 di Spanyol yang sedang meningkat.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Akan jalani Karantina 5 Hari Setibanya di Tanah Air

"Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI, Rabu (13/1/2021).

Meski begitu, Shin Tae-yong tidak terlalu mempermasalahkannya. Karena memang virus corona harus dilakukan pencegahannya.

"Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi COVID-19 di Spanyol yang tinggi. Ini berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba," ia menambahkan.

Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa tujuan PSSI mengirimkan timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental skuat Garuda Nusantara.

Ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain ini akan menjadi pemain timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Shin Tae-yong Mulai Pantau Lawan Indonesia

"Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," ujar Yunus Nusi.

TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol ini sejatinya disiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada Maret 2021. Dalam gelaran tersebut, Pasukan Merah Putih berada di Grup A bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait