facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

WBP Terbukti Kendalikan 2 Kilogram Sabu, Pemeriksaan Internal Dilakukan Kemenkumham

Denada S Putri Kamis, 20 Januari 2022 | 19:44 WIB

WBP Terbukti Kendalikan 2 Kilogram Sabu, Pemeriksaan Internal Dilakukan Kemenkumham
Ilustrasi sabu. [Istimewa]

"Selain itu kami tentunya juga langsung melakukan pembenahan internal."

SuaraKaltim.id - Setelah adanya penangkapan salah satu Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) berinisial RK yang terlibat peredaran 2 kilogram narkotika jenis sabu-sabu pada haru Minggu (16/1/2021) kemarin, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur (Kemenkumham Kaltim) bersama Lapas narkotika kelas IIA Samarinda langsung melakukan langkah cepat.

Saat ditemui awak media, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Samarinda, Hidayat mengatakan setelah mengetahui keterlibatan WBP tersebut Kanwil Kemenkumham Kaltim segera menurunkan tim khusus melakukan investigasi.

"Ya intinya menginvestigasi bagaimana dan sejauh mana keterlibatan si WBP (RK dalam peredaran 2 kilogram sabu) itu," ungkapnya, Kamis (20/1/2021).

"Selain itu kami tentunya juga langsung melakukan pembenahan internal," sambungnya.

Baca Juga: Polairud Polda Kaltim Lakukan Penggerebekan di Kampung Narkoba, 8 Pelaku Diringkus di Samarinda Seberang

Ia menjelaskan, pembenahan internal tersebut yakni, akan  memperketat kembali penjagaan dan pemeriksaan alias sidak intens, dan ditingkatkan ke setiap kamar dan blok tahanan para WBP di Lapas Narkotika Klas II Samarinda.

"Tentunya pengetatan kepada setiap pengunjung. Bahkan kepada petugas jaga di internal kita juga lakukan. Ada yang namanya apel persiapan jaga, saat itu setiap regu yang akan berganti akan diperiksa terlebih dulu agar dipastikan steril (dari barang terlarang) dan kami tak henti-hentinya terus melakukan imbauan," jelasnya.

Kendati itu, ia menegaskan bahwa Pengetatan untuk para petugas internal Lapas Narkotika kelas IIA Samarinda dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya terjadi hal serupa.

"Apabila ada petugas yang terbukti terlibat, akan langsung kita proses sesuai dengan ketentuan, seperti sanksi disiplin," tegasnya.

Sementara itu, WBP Lapas Kelas IIA Samarinda berinisial RK kini sudah diasingkan ke sel tahanan blok isolasi.

Baca Juga: Mobil Dinas Milik Lapas Pekanbaru Dibakar Orang Tak Dikenal

"Untuk pelaku (RK) sudah kami pindahkan ke blok pengasingan blok isolasi, Karena ini dilakukan sebagai bentuk sanksi apa yang telah diperbuatnya," imbuhnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait