facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Desa Pela, Surga Mamalia Langka Kaltim, Sajikan Pemandangan Sunset yang Eksotis

Denada S Putri Jum'at, 10 Desember 2021 | 20:02 WIB

Wisata Desa Pela, Surga Mamalia Langka Kaltim, Sajikan Pemandangan Sunset yang Eksotis
Gerbang masuk di Desa Pela, dengan dua hewan endemik Kaltim yang ada di desa tersebut. [Suara.com/Apriskian Tauda Parulian]

Pengunjung bisa berkeliling tempat wisata menyusuri Sungai Pela."

SuaraKaltim.id - Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) menyimpan banyak potensi wisata yang sudah dikenal banyak orang. Banyaknya wisata di kabupaten tersebut, membuat Kukar dinobatkan menjadi salah satu surga wisata di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satunya yakni, destinasi wisata Desa Pela yang berada di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kukar. Desa Pela sendiri memiliki daya tarik unik untuk para wisatawan, karena bisa melihat aktivitas para nelayan air tawar. Bahkan desa ini diketahui merupakan surga bagi hewan langka asal Kaltim. Yakni, ikan pesut.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Alimin mengungkapkan, destinasi wisata sungai di Desa Pela tersebut berdiri setelah dibentuknya Pokdarwis Desa Pela di 2017. Namun, Desa Pela ditetapkan sebagai desa wisata di 2018 oleh pemerintah.

Ia menjelaskan destinasi wisata di Desa Pela tersebut didominasi dengan wisata air. Pasalnya Desa Pela tepat dipinggir sungai yang luas.

Baca Juga: Kabar Terbaru 20 ABK Positif Covid-19 di Kukar, Status Kapal Karantina, 1 Orang Bergejala

Bahkan, untuk para pengunjung bisa melakukan kegiatan susur sungai dan menemui hewan endemik Sungai Mahakam, tersebut. Tak hanya itu, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset nan indah di Desa Pela pada saat sore menuju senja.

“Pengunjung bisa berkeliling tempat wisata menyusuri Sungai Pela dan melihat pesut mahakam kemudian menikmati sunset di danau di Tanjung Tamannoh, lalu ke musium nelayan dan berjalan kaki di jembatan ulin yang panjangnya 4 kilometer,” ungkapnya saat ditemui SuaraKaltim.id. Jum’at (10/12/2021).

Ia memaparkan, desa itu juga menjadi destinasi wisata yang meraih Juara 2 Nasional Kelompok Sadar Wisata 2019, kategori pendampingan akademisi, Pendapatan Aset Desa (PADes) nya masuk ke desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pokdarwis pengelola dan promosi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Ahmad Hermawan mengatakan hingga saat ini pihaknya terus berusaha menjadikan Desa Pela sebagai destinasi wisata yang pantas dikunjungi oleh wisatawan. 

 “Kami akan terus berusaha agar Desa Pela ini bisa terus dikenal oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar. Apalagi di Desa Pela merupakan habitat dari ikan pesut,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan seluler di hari yang sama.

Baca Juga: Dua Wakil Benua Etam di DPR RI Masuk Anggota Pansus RUU IKN, Untuk Apa?

Selain bisa melihat mamalia langka asal Kaltim, ia menambahkan bahwa mayoritas penduduk di Desa Pela merupakan nelayan. Desa ini juga memiliki Danau Semayang yang luasnya 13 ribu hektar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait